Semua kandungan di dalam blog ini adalah dari tulisan Ustaz Adi Yanto Meridukansurga di laman Facebooknya. Saya sekadar mencuba menghimpunkannya untuk manfaat semua umat. Terima kasih kepada Ustaz Adi yang memberikan keizinannya - Tulus dari Cipher.

3 Mar 2014

Hemat dan Tidak Boros Dalam Memakai Air Ketika Wudhu.









Mungkin kita sering dalam pemakaian air ketika berwudhu sangat berlebih lebihan.Lalu ukuran takaran air yang dipakai Rosulullah Shollallahu Alaihi wa Sallama berapa ?

Dari Anas Rodhiyallahu Anhu ia berkata:"Nabi Shollallahu Alaihi wa Sallama biasa berwudhu dengan memakai satu mud* dan mandi dengan satu sho' sampai 5 mud."{HR.Muslim 1:156,Mukhtashor Shohih Muslim no. 136 dan lainnya}.
*1 sho'=4 mud
1 mud =ukuran 1 1/3 rithl,dinamakan demikian karena air yang diambil sepenuh kedua telapak tangan manusia.

Ada sebuah riwayat Ubaidah bin Abi Yazid,bahwa seorang laki laki bertanya kepada Ibnu Abbas Rodhiyallahu Anhu:

"Berapa kira kira air yang cukup bagiku untuk berwudhu"?
"Satu mud" kata beliau.Lalu ia bertanya lagi :"Berapa kira kira ukuran air untuk mandi? Jawab beliau:"Satu Sho' ".Kata orang itu:"Ah...tidak cukup untukku.Kata Ibnu Abbas Rodhiyallahu Anhu (dengan marah) :"Kamu ini anak siapa?".
"Sesungguhnya ukuran itu sudah cukup bagi orang yang lebih baik dari kamu yaitu Rosulullah Shollallahu Alaihi wa Sallama".{HR.Ahmad dan Thobrani dalam Majmul Kabiir dengan sanadnya yang rawi rawinya tsiqoh,Lihat :Fiqhus Sunnah 1:43}.
Boros atau membuang buang air itu terjadi dengan menggunakan air tanpa faidah menurut syariat islam ,misalnya memambahi bingan wudhu lebih dari 3 kali atau membuka keran sebeaar besarnya.
Dalam hadis Amr bin Syuaib dari bapaknya dari kakeknya ja berkata:

Seorang Arab Badui datang menemui nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam menanyakan tentang wudhu.Maka Nabi Memperlihatkan kepadanya cara wudhu tiga kali tiga kali,seraya bersabda:"Inilah cara wudhu,maka barang siapa yang melebihi (bilangan ini) berarti ia telah menyeleweng,melanggar batas dan aniaya".{HR.Ibnu Majah no.422, dan ini lafazh Ibnu majah,Nasai 1:88 no.40 dan Abu Dawud no.135,Misykaatul Mashobih no.417,Shohih Ibnu Majah no.339 dan Shohih Nasai no.136,Shohih Abu Dawud no.123}.

Abdullah bin Mughoffal berkata:

Sesungguhnya saya mendengar Rosulullah Shollallah Alaihiwa Sallama bersaba:"Nanti akan muncul dikalangan ini satu golaongan yang berlebih lebihan dalam bersuci dan berdoa".{HR.Ahmad ,Abu Dawud no.96 dan Ibnu Majah,Lihat Shohih Abu Dawud no.87 dan didalam Ibnu Majah tidak ada kata kata thuhur(bersuci),Misykatul Mashobih no.418}
Berkata Imam Bukhori :"Para Ahli Ilmu tidak menyukai bila dalam menggunakan air wudhu melebihi batas yang digunakan oleh Rosulullah Shollallah Alaihi wa Sallam".{Fathul Bari 1:232 no.1}.
Dari uraian diatas maka kita sebaiknya memperhatikan tentang air yang kita gunakan untuk berwudhu agar bisa sehemat mungkin untuk mengikuti Rosulullah Shollahu Alaihi wa Sallama.Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment